istilah " psikologi pendidikan " dan " psikologi sekolah" sering digunakan secara bergantian, peneliti dan teoretisi cenderung diidentifikasi di Amerika Serikat dan Kanada sebagai psikolog pendidikan, sementara praktisi di sekolah atau pengaturan sekolah yang berkaitan diidentifikasi sebagai psikolog sekolah. Perbedaan ini namuntidak dibuat di Inggris, dimana istilah generik bagi praktisi adalah "psikolog pendidikan.Diindonesia sendiri yang dipakai adalah istilah psikolog pendidikan.
Psikologi sekolah dipakai untuk mengindetifikasi anak yang memiliki mental age yang lebih tinggi dari anak seusianya( gifted,cerdas) dan juga bagi anak yang memiliki gangguan seperti ADHD,dyslexia dan terlambat bicara.Psikologi sekolah juga menangani anak yang memiliki kelainan mental ataupun fisik.psikologi pendidikan membantu dengan mendiagnosis dan memberikan alat untuk mengobati, membantu atau berurusan dengan perilaku seperti diatas.psikologi sekolah merupakan bagian dari psikologi pendidikan sehingga psikologi pendidikan memiliki ruang lingkup yang besar.
Psikologi sekolah digunakan untuk membantu anak yang telah teridentifikasi membutuhkan pertolongan dan menolong mereka dengan cara konseling,terapi bicara,dan bimbingan secara langsung oleh guru.Psikolog sekolah membuat latihan bagi guru dan murid.psikolog sekolah didik dan dilatih mengenai pendidikan anak,parenting,perkembangan anak dan remaja.Mereka dapat mengadakan penilaian psikologis untuk memberikan bimbingan konseling bagi anak dan orangtuanya.kebanyakan psikolog sekolah kuliah dibawah departemen pendidikan namun ada juga yang dibawah departemen psikologi.
Psikolog pendidikan belajar bagaimana anak belajar ,mengingat dan bagaimana perkembangan mental mereka selama proses belajar.anak diobservasi dilingkungan yang bervariasi seperti ketika mereka berkerja secara individual atau bagaimana mereka berinteraksi di kelompok.psikolog pendidikan juga mempelajari manusia juga perkembangan dan karena itu dapat membuat bahan-bahan pendidikan yang sesuai dengan usia danprogram berdasarkan pengamatan serta terlibat dalam pengembangan program untuk anak-anak dan juga menentukan kualifikasi bagi individu yang bercita-cita menjadi guru.sebagai contoh psikolog pendidikan mengembangkan teknik terbaru bagaimana cara mengajar membaca.Psikolog pendidikan kuliah dibawah departemen pendidikan
Tugas psikolog sekolah
• Berkonsultasi dengan guru, orang tua, administrator, dan masyarakat penyedia kesehatan mental tentang belajar, sosial, dan masalah perilaku;
• Terlibat dalam kegiatan sekolah dalam aktivitas menyehatkan
• Membantu pendidik dalam membuat suasana aman, kelas sehat dan lingkungan sekolah yang tenang
• mengajarkan parenting skill, strategi pemecahan masalah, penyalah gunaan obat obatan terlarang, dan topik lainnya yang berkaitan dengan kesehatan sekolah;
• Melakukan penelitian tentang instruksi yang efektif, manajemen perilaku, program-program sekolah alternatif, dan intervensi kesehatan mental;
• Menilai dan mengevaluasi berbagai masalah yang berkaitan sekolah dan aset anak dan remaja di sekolah yang ditugaskan;
• intervensi langsung dengan siswa dan keluarga melalui konseling individu, kelompok pendukung, dan pelatihan keterampilan;
• Sajikan sebagai anggota tim interdisipliner untuk memenuhi kebutuhan siswa berisiko dan untuk melayani kebutuhan siswa penyandang cacat melalui penilaian pendidikan khusus, kelayakan, dan proses penempatan;
• Mengkomunikasikan hasil evaluasi psikologis untuk orang tua, guru, dan lain-lain sehingga mereka dapat memahami sifat kesulitan siswa dan bagaimana untuk melayani kebutuhan siswa;
• Melakukan pencegahan krisis dan layanan intervensi;
• Bekerja dengan berbagai masalah emosional dan akademik mahasiswa;
• boleh melayani satu atau beberapa sekolah di sekitar daerah sekolah atau bekerja untuk sebuah pusat kesehatan mental masyarakat dan / atau dalam lingkungan universitas.
Dimana psikolog sekolah bekerja?
Sebagaian besar(81%) berkerja di sekolah negri,tempat kerja yang lain adalah sekolah swasta,lembaga masyarakat,rumahsakit dan klinik dan universitas.psikolog sekolah biasanya bekerja sebagai praktisi,adm,dan peneliti.Jika mengambil gelar profesi akan memungkinkan berkerja di semua bagian Negara sebagai partisi dan adm,sedangakan s3 diijinkan untuk membuka praktek partisi,adm,peneliti
Tugas psikolog pendidikan
· menilai belajar dan kebutuhan emosional dengan mengamati dan konsultasi dengan tim multi-lembaga untuk memberikan saran tentang pendekatan terbaik dan ketentuan untuk mendukung pembelajaran dan pengembangan;
· mengembangkan dan mendukung program pengelolaan terapi dan perilaku;
· merancang dan mengembangkan kursus untuk orang tua, guru dan lain-lain yang terlibat dengan pendidikan anak-anak dan remaja pada topik-topik seperti bullying;
merancang dan mengembangkan proyek-proyek yang melibatkan anak-anak dankaum muda;
merancang dan mengembangkan proyek-proyek yang melibatkan anak-anak dankaum muda;
· menulis laporan untuk membuat rekomendasi formal tentang tindakan yang akan diambil, termasuk pernyataan formal;menasihati, negosiasi, membujuk dan mendukung guru, orang tua dan profesionalpendidikan lainnya;
· menghadiri konferensi kasus yang melibatkan tim multidisipliner tentang cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan sosial, emosional, perilaku dan pembelajaran anak-anak dan kaum muda dalam perawatan mereka;
· mengutamakan efektivitas: konteks dan lingkungan yang mempengaruhiperkembangan anak dipandang sebagai semakin penting;
· penghubung dengan profesional lain dan memfasilitasi pertemuan, diskusi dankursus;
mengembangkan dan meninjau kebijakan-kebijakan;
mengembangkan dan meninjau kebijakan-kebijakan;
· melakukan penelitian aktif;
· merumuskan intervensi yang berfokus pada penerapan pengetahuan, keterampilan dan keahlian untuk mendukung inisiatif lokal dan nasional;
· mengembangkan dan menerapkan intervensi yang efektif untuk mempromosikan kesejahteraan psikologis, sosial, perkembangan emosi dan perilaku dan untuk meningkatkan standar pendidikan.
Refrensi:
0 komentar:
Posting Komentar