Peran guru sebagai konselor telah menjadi perdebatan sejak lama.Guru sebagai konselor dapat sangat bermanfaat bagi anak namun ada beberapa masalah yang dihadapi kebanyakan guru jika ingin menjadi konselor
1. Hanya ada sedikit latihan mengenai menjadi konselor
2. Banyak guru yang merasa bahan pelajaran adalah focus utama penyedia pendidikan
3. Beberapa guru merasa bingung tentang konseling
4. Peran sebagai konselor memiliki komitmen yang lebih dalam dari yang diinginkan oleh guru
5. Konseling adalah suatu profesi beberapa sekolah menanggap peran konselor harus diisi oleh orang yang terlatih
6. Kurangnya keprivasian
7. Kurangnya waktu yang dapat dipakai dalam interaksi
Kekuatan dasar guru sebagai konselor berasal dari kekuatan personal yang terdiri dari kekuatan referent dan kekuatan informasi.Referent adalah hubungan diantara guru dan murid sedangkan kekuatan informasi adalah kemampuan guru untuk mempengaruhi muridnya.Kedua kekuatan ini sangat penting dalam peran guru sebagai konselor.Cara untuk membentuk kekuatan ini adalah
Referent power | Information power |
Meningkatkan karisma | Ikutkan orang tua dalam perkebangan anak |
Tunjukan guru bahwa kamu konsisten | Memberikan pesan positif tentang anak kepada orang tua |
Meningkatkan rasa percaya | Menunjukan respek terhadap murid dan diri sendiri |
Membuat laporan tentang murid | Menjadi pendengar yang responsif |
Memberikan rasa aman dengan cara peduli dengan masalah mereka | |
Tetap bertindak sebagai orang dewasa |
Refrensi
Sukadji, S. (2000). Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah. Depok: Lembaga
Pengambangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas
Psikologi Universitas Indonesia
0 komentar:
Posting Komentar