Pemahaman Diri


Setelah mengikuti mata kuliah ini saya menjadi sadar faktor faktor apa yang menghambat dan juga mendukung perkembangan kreatfitas saya saat ini.Faktor faktor tersebut dibagi berdasarkan asalnya ada 3 yaitu:
Faktor dari keluarga
Parenting style pada keluarga menurut saya sangat berperan dalam pengembangan kreativitas saya. Menurut Amabile faktor yang memperngaruhu kreatifitas adalah
1.         kebebasan
Kebebasan  tampak dari pola asuh keluarga saya yang authoritarian membuat saya tidak merasa terkekang.Orang tua saya memang menetapkan aturan aturan yang saya rasa memang cocok seperti tidak pulang malam.Mereka memberikan kebebasan kepada saya untuk tinggal sendiri dan mengatur hidup sendiri,Orang tua saya percaya bahwa saya tidak akan melakukan perbuatan yang memalukan mereka.
2.      Respek.
Di keluarga saya kami sering sekali melakukan argumentasi dan pendapat setiap anggota keluarga selalu dihargai. Mereka juga memndorong saya untuk mengeluarkan pendapat dan menghargai sebagaimanapun saya.Misalnya saja saya bukanlah anak genius yang meraih IP hampir 4,tapi mereka tidak pernah memarahi saya karena hal tersebut ,mereka memuji apa yang saya dapatkan dan memberikan motivasi untuk lebih berkembang.
3.      Kedekatan Emosional yang Sedang
Saya memang dekat dengan orang tua saya tapi kedekatan itu bukan terlalu berlebihan, contohnya saja saya tinggal jauh dari orang tua saya dan frekuensi menelepon orang tua tidak terlalu banyak ,jika ada hal yang mendesak atau ada masalah yang bisa saya share barulah saya menelepon ortu saya.Walaupun demikian orang tua saya bukannya tidak peduli dengan saya .
4.      Prestasi Bukan Angka
Orang tua saya tidak pernah memaksakan saya untuk mendapat IP 4 ataupun memenangkan lomba 2 tertentu.Mereka menghargai bagaimana saya dan memotivasi saya untuk selalu maju.
5.      Orang Tua Aktif dan Mandiri
Kebanyakan tuntutan social adalah masuk kedokteran ,saya juga tidak tahu mengapa masuk kedokteran dianggap sangat hebat.Padahal banyak juga dokter yang tidak laku.Walaupun lingkungan social(sebagian keluarga mama) tidak menghargai pilihan saya masuk psikologi,tapi orang tua saya tetap mendukung dan memotivasi saya agar tidak terpengaruh dengan kata kata mereka.
6.      Menghargai kreativitas
Seperti dijelaskan dibuku anak yang kreatif banyak mendapat dorongan dari orang tua mereka.Orang tua saya juga seperti itu ,jika mereka mendapat info seminar yang menarik mereka pasti menyarankan saya untuk pergi dan juga menfasilitasi dana dan transportasi.Tapi sayanya saja yang malas ikut seminar.
Faktor dari sekolah
Dalam penjelasan Maker (1982) ada 3 kharateristik guru berbakat
1.Karateristik filosofis
Bagaimana cara guru memandang cara pendidikan bagi muridnya akan memberikan dampak yang signifikan.Misalnya saja dulu di SMA saya ikut kelas akselerasi.Kami anak kelas akselerasi sering dianggap anak pintar yang tanpa banyak bimbingan dapat berhasil.Guru cenderung tidak memberikan perhatian yang lebih terhadap kami.Akhirnya kami malah kesusahan memahami materi dan mendapatkan nilai yang tidak maksimal
2. Kharateristik Profesional
Dulu guru guru saya sering mengikuti seminar tentang pengembangan kemampuan mengajar.Tapi tetap saja guru saya selalu menfokuskan kepada task oriented.Hanya menfokuskan diri kepada kemampuan akademis
3. Kharateristik pribadi guru anak berbakat meliputi motivasi ,kepercayaan diri,rasa humor,kesabaran ,minat luas,dan kelenturan
Jika di lihat secara keseluruhan guru guru saya sebagian besar sudah memiliki kharateristik diatas namun ada juga yang tidak.
Di SMA saya dulu ada Bk TAPI bukan untuk membimbing kami yang ada malah dijadikan tempat menghukum anak anak bermasalah.Guru BKnya juga bukan seorang psikolog jadi BKnya tidak berfungsi
Peranan Masyarakat
Arieti mengemukakan  ada faktor sosiokultural yang creativogenic (kebudayaan yang menunjang,memupuk dan memungkinkan perkembangan kreatifitas
1.        Tersedianya sarana kebudayaan
Menurut saya sarana kebudayaan yang ada saat ini belum maksimal.Contohnya saja sewaktu TK dulu sampai sekarang tidak pernah ada kunjungan ke museum .Misalnya saja pada saat pelajaran geografi kita berkunjung ke planetarium .
2.      Keterbukaan terhadap ransangan kebudayaan
Kalau dilihat dari kebudayaan saya mungkin kurang menghargai keterbukaan.Banyak sekali aturan yang mengikat dalam budaya saya ,misalnya saja kalau saya mengambil jurusan klinis dan menjadi dokter RSJ pasti mereka akan menaggap saya kurang kerjaan.Seharusnya mereka menghargai apa yang saya pilih.
3.      Memberikan kesempatan bebas bagi media kebudayaan bagi semua warga Negara tanpa diskriminasi
Kalau di budaya saya diskriminasi terhadap wanita masih terjadi .Walaupun wanita bukannya tidak dianggap namun keberadaannya hanya seperti representative saja.Misalnya anak laki laki dipandang lebih hebat dari anak perempuan walaupun anak perempuan tersebut lebih pintar.

Kesimpulannya ,faktor pendorong motivasi untuk kreatif saya paling besar muncul dari orang tua saya.Faktor penghambat muncul dari masyarakat dan sekolah.Dengan memperlajari kreativitas saya menjadi lebih paham faktor penyebab saya kurang kreatif dan cara mengatasinya.Setelah membuat penjelasan diatas ada beberapa solusi yang bisa saya simpulkan untuk meningkatkan kreatifitas.
1.        Tidak memperdulikan lingkungan yang tidak mendukung,anggap saja mereka angin lalu.
2.      Berusaha memanfaatkan segala kesempatan yang datang,seperti mengikuti seminar yang temanya bagus.




2 komentar:

  1. psipddk3sks mengatakan...:

    bagus,bagus,bagus... Nisa

  1. Anisah Gayatri mengatakan...:

    terima kasih bu :))

Posting Komentar