Pedagogi Teoritis dan Prinsip-Prinsip Pedagogis

Label: ,

Kali ini saya akan mencoba membahas mengenai pedagogi dan prinsip-prinsip pedagogis. Sebelum membahas lebih jauh sebaiknya kita paham arti pedagogi dan pedagogis. Keduanya berbeda dalam jenis kata dimana pedagogi kata benda sedangkan pedagogis adalah kata sifat. Jika di lihat dari pengertiannya pedagogi berarti ilmu pendidikan sedangkan pedagogis  bermakna bersifat pedagogi atau bersifat mendidik.

Ada beberapa ahli yang berpendapat mengenai pengertian dari pedagogis
  • Proses interaksi terus menerus ( Danilov 1978)
  • Tindakan  guru dan siswa  di dalam konteks organisasi sekolah , dimana interaksi keduanya didasari teori pedagogis tertentu yang berorientasi pada tujuan institusional, dan di kembangkan dalam interaksi  yang dekat  dengan keluarga dan masyarakat  (Alberto Garcia, 2005).
  • Proses pendidikan yang menyoroti  hubungan antara pendidikan, pengajaran, dan pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian siswa agar mempersiapkan dirinya dalam menjalani kehidupan
Apa itu prinsip-prinsip pedagogis? Prinsip-prinsip pedagogis adalah proses pedagogis yang menjadi standar dan prosedur tindakan yang menentukan dasar pedagogis apa yang paling penting dalam proses pendidikan kepribadian. Adapun prinsip prinsipnya:


·         Konten dari pembelajar ambil di sekolah harus berguna dalam kehidupan sehari hari
·  Mengkombinasikan karakter kolektif dan individual pendidikan serta penghormtan kepda kepribadian siswa
·       Kesatuan pengajaran, pendidikan dan perkembangan proses, karena didasarkan kepada kesatuan dialektis atara pendidikan dan pengajaran yang harus terkait dengan kegiatan pembangunan pada umumnya
·         Domain kognitif dan afektif tidak boleh berada dalam suasana yang kering
·         Masing masing subsistem aktivitas, komunikasi dan kepribadian terkait satu sama lain

Refrensi:
Sudarwan Danim, (2010), Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi, Bandung : Alfabeta

0 komentar:

Posting Komentar