Proses Pembuatan Karya Kreatif

Label:


Pertama kali tahu ada tugas pas hari jumat, dan dapat kertas nya hari sabtu.Pertama kali dapat kertasnya kepala ku pening banget,mau diaapain ne kertas.Akhirnya setelah searching pada hari sabtu saya akhirnya memutuskan untuk membuat tirai dari kertas.Tapi ternyata minggu depan jadwal luar biasa padat,ada pembagian kelompok yang baru aja dibacakan namanya dan sialnya lagi dari 4 tugas pembuatan makalah ,3 nya presentasi.Weeh luar biasa pening nih kepala ,rasanya mau pecah aja.Belum lagi PR les yang buanyak buanget.Heh ,Akhirnya rencana buat tirainya dibatalin deh takutnya gak sempat selesai kalau dikumpulkan hari kamis.Akhirnya puter otak buat nyari ide baru yang simple ,cepat siap ‘n mudah.Akhirnya hari minggu ngahabisin waktu buat nanya sma Atuk Google.Setelah beberapa lama searching akhirnya jumpa artikel mengenai hiasan lampu.Pengerjaannya mudah dan praktis dan jarang dibuat orang lain, tapi masalahnya penghias lampu ini dipakai buat lampu meja,jadi cantiknya Cuma pas diruangan gelap dimana hanya lampu meja saja yang ada.Saya kira hasil dari karya akan dibawa ke kampus buat ditunjukan, jadinya nanti gak bagus.Jadinya puter otak lagi  dan munculah ide untuk membuat tempat pena.Pertama saya coba untuk buat tempat pena yang bulat yang alasnya dari karton lalu dindingnya terbuat dari kertas yang digulung gululung lalu dianyam.Gambarannya bakalan bagus hasilnya soalnya kan jarang lihat anyaman dari kertas.Caranya karton yang berbentuk lingkaran ditusukan lidi disepanjang sisinya untuk jadi penyangga anyaman.Lalu kertas dianyam melewati lidi lidi tersebut.Udah dapat gambaran buatnya jadi dipraktekan ,ooh ternyata susah,lidinya pada bengkok,susah banget rapiin kertasnya.setelah dindingnya terbentuk kira kira 2 cm ,ternyata hasilnya jelek.Pada akhirnya batal deh .Berhubung hari senin presentasi social jadinya ngerjainnya ditunda hari senin.Hari senin kuliah sampai sore jadi ngelanjutin ngerjainnya pas malam.Pas malam muncul ide lain ,yaitu ngehias kaleng bekas jadi tempat pena.Pertama idenya buat ngehiasin kaleng dengan kertas yang sudah digulung gulung.Kertas yang sudah digulung dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk pola.Pas dicoba dan sudah selesai setengah tapi hasilnya gak memuaskan,mungkin karena saya orangnya perfeksionis jadi kalo lihat jelek sikit aja langsung diulang.Pada malam keesokan harinya ternyata kelas kreatifitas hari kamis gak ada dan tugas dapat dikumpul minggu depan.Wah senangnya hati ,berkurang satu tugas.Jadinya bisa focus ngerjain tugas makalah dan les yang sudah menumpuk.Jadinya ngerjain tugas ini di pending ngerjainnya.Keesokan harinya pas buka fb ternyata ada grup MK kreatifitas. Didalam grup tersebut ada petunjuk penyelesaian tugas kreatifitas.Pas itu saya salah kira,tanggal pengumpulannya gak terlalu saya lihat.saya pikit itu kamis depan.Ya akhirnya gak saya kerjain,rencananya ngerjainnya pas hari minggu.Soalnya sampai sabtu ada presentasi dan harus ngerjain pr les jadi yang kosong Cuma hari minggu.Ternyata hari ini dibilang vera kalau hari ini batas akhir postingannya.WAHHH saya jadi kalang kabut, kebetulan ada Karin yang lewat jadi saya Tanya ,dia blang mlah kemaren dateline ngepostnya.Coba sms yosefa tapi belum dibalas.Coba buka fb lamanya minta ampun.WAh benar benar pusing,setlah lama menunggu akhirnya fb bsa dibuka juga ,ternyata deadline nya bsok.ahh, lega hatiku.Jadinya ngebut ngerjainnya hari ini dan kebetulan hari ini cepat pulangnya.Akhirnya jadi juga karya yang tidak seberapa kreatif, cara buatnya Pertama tama kaleng dibungkus kertas bekas print tugas yang gagal.Pertamanya sih mau dibungkus sama kertas yang dikasih sama bu dina tapi setelah dicoba untuk dibungkus tapi nampaknya terlalu berwarna makanya saya pakai kertas bekas prinan gagal.kertas yang digulung dilapis kertas merah lalu dibentuk hati .Didalamnya lalu ditempelkan kertas yang sudah berbentuk bulat dengan bantuan pembolong kertas. Di tempelkan satu persatu.Lalu sisa kertas yang digulung di tempelkan dengan pola.Pertama saya mau bentuk pola gugus bintang, tapi setelah browsing tapi gak bagus,kemudian terpikir pola bunga seperti bordiran tapi juga gak terlalu bagus.jadi saya tempel dengan pola gambaran sendiri saja.Akhirnya tuganya siap juga walaupun tidak terlalu bagus.tapi udah usaha dan menambah kekreativan saya juga.Karena saya sebelumnya gak pernah berpikir bagaimana cara mendaur ulang kertas yang tidak terpakai.melihat hasil karya teman teman yang lain juga sangat menambah wawasan saya.Mudah mudahan saja konekesinya gak lelet biar cepat bisa diposting.


1 komentar:

  1. psipddk3sks mengatakan...:

    dear Nisa.....
    wah kerepotanmu menyelesaikan asah kreativitas ini, memancarkan aura kerepotan juga buat saya saat mensupervisi....

    saya memahami effortmu, dan saya menghargainya.

    berkaitan dengan uraian sehubungan dengan proses kreatif, saya kerepotan membacanya. Semua nyambung tidak ada paragraf atau alinea baru.
    jika uraian kalimatnya belum begitu baku, saya masih bisa memaklumi. tapi ketika dari lay out sulit sekali berdamai dengan mata, bisa menimbulkan kerugian buat kamu...

    so, ayo dijustifikasi dan asah terus kreativitasmu ya :)

Posting Komentar