Kesan dan pesan


Mulai beberapa hari yang lalu pikiran saya selalu galau dikarenakan performa kami yang belum selesai 100%.Hari ini adalah puncak dari kegalauan tersebut tapi untungnya saja kami tidak maju duluan.Yang maju duluan adalah yosefa dkk.Performa mereka cukup menarik dan menghilangkan ketegangan karena lucu.Karena performa mereka tingkat ketegangan saya agak menurun.Kemudian ada kakak kakak yang masuk ,saya kira kami akan diminta mengisi skala seperti biasanya,rupanya kakak kakak tersebut adalah mahasiswi magister profesi yang lagi training.

Pertama pada saat kakak tersebut memberikan tugas kepada saya yang kebetulan kelompok ungu.Saya jadi kalang kabut bingun mau buat apa,karena saya memang tidak suka origami dan kebetulan teman 1 kelompok saya juga pada lupa cara lipat origami.Melihat karya kelompok lain yang bagus timbullah rasa inferioritas dalam diri kami, tapi kami juga berusaha membuat apa adanya.Akhirnya kami menghasilkan amplop,kamera,dan kipas. Cerita yang kami buat adalah kami mendapat undangan kepesta dengan pita.Lalu mendapat cindera mata berupa kipas,lalu berfoto sama keluarga yang pesta.Kami mendapat bagian menjelaskan dengan teori guilford dan treffinger.

Denga teori guilford
Ada lima kategori operasi menurut Guilford
1.     Kognisi: Pengenalan objek itu adalah kipas,kamera dan amplop.
2.    Ingatan: tahu objek itu kipas,kamera,amplop karena ada pengalaman masa lalu
3.    Berpikir konvergen: Kipas terdiri dari lipatan yang sama panjang,amplop berbentuk persegi .
4.    Berpikir divergen : Kertas bisa dibuat berbagai benda
5.    Evaluasi: Manfaat daari benda benda tersebut

Dengan teori treffinger
1.     Tingkat 1: basic tools,teknik teknik pembuatan
2.    Practice with process :  Mempraktekkannya dengan membuat lipatan
3.    Working with real problem : Menerapkannya dalam kehidupan sehari hari

Setelah mempresentasikan hasil diskusi kami.Kami kemudian hasil kami di evaluasi.Hasilnya ternyata tidak baik.Kami  mendapatkan komentar panas dari kakak tsb. Lalu kami bermain memindahkan gelang dan hasilnya kami kalah.Diakhir pertemuan kakak tersebut menjelaskan komentar panasnya itu tidak bnar.Ia hanya ingin menunjukan bahwa dalam mengajar tidak boleh memarahi anak yang kurang mampu dan terus memuji anak yang pintar karena itu akan mematikan motivasi mereka.

Kesan kesan
Menurut saya metode pembelajaran yang diterapkan cukup menarik karena membuat saya semangat dalam belajar.Cuman jangan sering sering juga dikasih tugas mendadak karena meningkatkan tension .

0 komentar:

Posting Komentar