Pembahasan 1

Menurut  John Dewey siswa akan belajar lebih baik jika aktif dikelas namun banyak siswa yang lebih suka pasif dikelas. Beberapa siswa sangat  antusias untuk belajar, tetapi banyak membutuhkan atau mengharapkan guru  mereka untuk mengajar mereka: keefektifan pembelajaran di kelas tergantung pada kemampuan guru . "(Ericksen, 1978, hal 3). 
Berikut adalah beberapa strategi sederhana agar siswa  menjawab pertanyaan atau lebih berpartisipasi 
  1. memberikan siswa petunjuk tentang jenis respon yang Anda harapkan
  2. memberikan siswa waktu untuk memikirkan jawaban mereka sebelum ada yang dipanggil
  3. Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil untuk mendiskusikan jawabannya
  4. Masuk lebih awal ke kelas dan mengobrol dengan siswa dengan informal
  5. menggunakan cara non-verbal untuk memancing siswa  berpartisipasi , duduk dekat dengan siswa, membuat kontak mata dengan mereka secara individu, bergerak di sekitar ruangan, atau duduk di lokasi yang berbeda.
Membuat siswa lebih berpartisipasi dikelas
Salah satu cara untuk mendapatkan siswa untuk berpartisipasi lebih banyak di kelas adalah memberikan mereka sebuah tugas yang dibacakan didepan kelas.  Anda bisa meminta mereka untuk membuat kutipan mengenai bagian dari materi yang mereka tidak mengerti.
Membuat  siswa untuk berpartisipasi, menjawab pertanyaan Anda
Ketika Anda mengajukan pertanyaan di kelas yang ingin Anda siswa menjawab:
  1. Tunggu 15 detik sebelum Anda memanggil siswa untuk   memberikan kesempatan  memikirkan jawaban
  2. Jika belum ada sukarela setelah 30 detik, cobalah mengulang pertanyaan atau meminta siswa apa yang mereka perlu ketahui untuk menjawab pertanyaan
  3. Cobalah untuk memanggil orang yang berbeda di seluruh kelas. Anda bisa mengatakan, saya ingin mendengar dari seseorang yang belum berpartisipasi
  4. Berikan umpan balik verbal dan nonverbal kepada siswa yang telah berpartisipasi,pujian untuk jawaban yang baik, untuk jawaban yang kurang benar Anda mungkin berterima kasih kepada murid yang telah berusaha
Refrensi
Santrock,J.W. 2010. Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta : Kencana



0 komentar:

Posting Komentar