Pembahasan 13

Apa itu andragogy????
Andragogy adalah seni dalam membantu orang dewasa belajar.Itilah ini memiliki pengertian pembelajaaran learner centered yang menfokuskan pendidikan bagi semua usia.
Model andragogic menegaskan bahwa lima isu akan dipertimbangkan dan dibahas dalam pembelajaran formal. Mereka termasuk (1) pelajar  tahu mengapa sesuatu itu penting untuk belajar, (2) menunjukkan pelajar bagaimana mengarahkan diri mereka sendiri melalui informasi, dan (3) topik yang berkaitan dengan pengalaman peserta didik '. Selain itu, (4) orang tidak akan belajar sampai mereka siap dan termotivasi untuk belajar. Sering nya seperti ini(5) memerlukan membantu mereka mengatasi hambatan, perilaku,dan keyakinan tentang belajar. 

Sayangnya, Andragogi biasanya dikutip dalam teks pendidikan sebagai cara orang dewasa belajar. Knowles sendiri mengakui bahwa empat dari lima  asumsi utama andragogy berlaku untuk orang dewasa dan anak-anak. Perbedaan satu-satunya adalah bahwa anak-anak memiliki pengalaman yang lebih sedikit dan keyakinan pra mapan daripada orang dewasa dan dengan demikian memiliki lebih sedikit untuk berhubungan. 
Dalam era informasi, implikasi dari bergerak dari teacher centered ke learner centered adalah  mengejutkan. Menunda atau menekan langkah ini akan memperlambat kemampuan kita untuk belajar teknologi baru dan mendapatkan keuntungan kompetitif. 

Bagaimana kita bisa mengharapkan untuk menganalisis dan mensintesis informasi begitu banyak jika kita beralih kepada orang lain untuk menentukan apa yang harus dipelajari, bagaimana akan dipelajari, dan ketika akan dipelajari? 

Meskipun cucu kita atau cicit mungkin bebas dari bias pedagogik, kebanyakan orang dewasa saat ini masih terpengaruh pedagogy. Agar berhasil, kita harus melupakan cara teacher centered

Kita harus mengambil itu atas diri untuk memenuhi kebutuhan kita belajar dan penyedia kebutuhan pelatihan melakukan hal yang sama. Untuk mengetahui tuntutan kami, kita harus tahu bagaimana kita memproses informasi 

Refrensi:
Santrock., J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Prenada Media
Group 

0 komentar:

Posting Komentar