Apa sih pedagogy itu?????
Pedagogy adalah seni atau ilmu dalam mengajar anak dan sering disinonimkan dengan mengajar.Lebih tepatnya pedagogy adalah pendidikan teacher centered.
Di pedagogy,guru memiliki kewajiban untuk membuat keputusan tentang apa yang dipelajari,bagaimana itu dipelajari dan kapan itu dipelajari.Guru yang mengatur materi apa yang diajarkan
Guru yang bagus pada zaman dahulu,dari konfusius sampai plato,tidak mengajar authoritarian.Cara mengajar guru yang hebat pada masa lalu adalah mereka membiarkan murid untuk aktif,bukan sebagai pendengar yang pasif.Mengingat ini cukup mengejutkan bahwa pandidikan saat ini murid lebih menjadi pendengar yang aktif.
Penjelasan mengenai pendekatan teacher centered kembali ke Calvinist yang percaya kebijaksanaan itu adalah iblis. Mereka percaya bahwa orang dewasa mengontrol,dan membatasi pembelajaran anak agar anak tetap menjadi murni( tidak berdosa)
Teori lain berasal dari sekolah abad ke tujuh,yang menyiapkan anak anak untuk menjadi pendeta,mereka di doktrin,mereka diajar ide ide dan gagasan gagasan.Beberapa abad kemudian,sekolah mengadaptasi cara yang sama dalam mengajar agar menghasilkan murid murid yang tertutup ( introvert)
John dewey percaya pendidikan formal tidak cukup efektif .Dewey menganggap belajar dengan aktif bukan dengan belajar pasif dengan teacher centered.Dia percaya bahwa anak anak belajar lebih baik jika mereka aktif di dalam pembelajaran tersebut.dia percaya bahwa belajar adalah kehidupan bukan persiapan untuk kehidupan
Pendidikan pada orang dewasa juga merupakan korban dari teacher centered.Tahun 1962 asosiasi pendidikan aorang dewasa mulai mengadakan penelitian bagaimana cara mendidik orang dewasa.dipengaruhi oleh dewey ,eduard c lindeman menulis tentang manfaat pendidikan orang dewasa:
Sistem pendidikan kita telah berkembang dengan urutan yang terbalik .subjek dan guru merupakan titik awal,(peserta didik) yang sekunder.dalam pendidikan konvensional(pelajar) diperlukan untuk menyesuaikan diri ke kurikulum yang dibuat…… terlalu banyak belajar dari pengetahuan dan pengalaman orang lain.Psikologi mengajarkan kita bahwa kita belajar dari pengalaman…..pengalaman adalah buku teks hidup bagi orang dewasa.
Sayangnya hanya beberapa teori dewey dan linderman yang ada di pendidikan bagin orang dewasa dan anak anak.satu abad setelah dewey mempublikasikan pendidikan learner centered,sebagian besar pendidikan formal mesih berfokus ke teacher centered.
Hasilnya banyak murid yang kehilangan ketertarikan untuk belajar.Untuk membentuk teori pembelajaran pada orang dewasa ya g komperhensif.Malcolm Knowles,pada tahun 1973 menerbitkan buku pembelajaran pada orang dewasa: spesies yang ditolak.Menurutnya orang dewasa membutuhkan kondisi tertentu untuk belajar,dan dia menggunakan istilah andragogy untuk menjelaskan kondisi tersebut.
Refrensi:
Santrock., J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Prenada Media
Group (Wajib).
0 komentar:
Posting Komentar